Skip to main content

Know Yourself

Apa tujuan manusia dilahirkan di muka bumi?

Kalau dari al-Quran, manusia diciptakan sebagai khalifah di muka bumi. Setiap manusia punya tujuannya masing-masing. Tinggal bagaimana kita memilih jalan yang dituju, hingga mampu menjadi manusia yang bermanfaat.

Memang, setiap manusia berusaha menjadi pribadi yang lebih baik setiap harinya. Berusaha memilih jalan terbaik untuk hidupnya. Tapi, sebelum kita memilih jalan terbaik kita harus mengenal diri kita sendiri dulu.

Mencari jati diri, mengenal diri kita lebih jauh, mencintai diri sendiri, terkadang sulit dilakukan untuk beberapa orang. Termasuk gue. Rasanya bingung, kesepian, dan nggak tahu harus bagaimana. Setiap orang pasti pernah merasakan ini, dan mereka melaluinya dengan jangka waktu yang berbeda-beda. Ada yang butuh sebulan atau mungkin bertahun-tahun untuk mengenali diri mereka sendiri.

Selama ini, sejak SMP mungkin, gue merasakan ada sesuatu yang salah sama diri gue. Nggak tahu apa itu. Gue selalu bertanya-tanya tapi nggak berhasil menemukan jawabannya.

Di kasus gue, butuh 7 tahun untuk menyadari siapa diri gue sesungguhnya. Anehnya gue baru menemukan jawaban ini dua hari yang lalu. Waktu gue bangun tidur, entah kenapa pikiran gue langsung terfokus pada hal itu. Dan ketika lo bisa tahu siapa diri lo sesungguhnya... rasanya campur aduk. Banget. Ada sisi bangganya, kaget, dan masih menolak untuk percaya kalau lo adalah apa yang lo pikirkan.

Sekarang, gue lebih bisa menerima diri gue dengan segala kekurangannya dan kelebihannya. Rasanya bisa menembus hati sendiri dan menemukan pusatnya, lebay, but that's how I feel. Gue masih bertanya-tanya apa tujuan gue dilahirkan, memang. Tapi seenggaknya gue berhasil menaklukan langkah pertama yang paling sulit yaitu, mengenali diri sendiri.

Comments

Popular posts from this blog

(Different) Twins

Dear Nadia, I never thought that I can befriend with you. It's nice having a good friend, a dear good friend, that's an introvert version of my self. You're the INTP and I'm the ENTP, so I'm feeling like you know me better than anyone else. As I said earlier to you, maybe we're like twins. It's just the one tiny different that makes us different, and I'm glad with it. Honestly, before I met or knew you, I thought you're an arrogant and selfish woman because you look soooooo quite and you're classy (SERIOUSLY), LOL. Even before our introduction, I always love your sense of fashion... Your sense of fashion is a little bit similar to me. And once again, I think we're twins from different womb, lol. But then things changed and we met. It was a little bit awkward at first but I still remember how we think about the same thing at the same time, and before I knew you're an INTP, I had this feeling that you're like me, something about you r...
((relapse)) Kalo diinget, gue nggak pernah nangisin ini cowo, atau biarin emosi gue luber. Mungkin itu alasannya gue susah move on, ya? Gue kebanyakan menekan emosi gue selama ini, memilih diam, menghilang. Tapi tanggal 27 Agustus 2026 kemarin, tau-tau gue menangis. Bukan yang histeris hingga sesak napas, tapi air matanya keluar begitu aja tanpa henti. Mungkin akan ada kambuh berikutnya. Tapi gue jadi semakin yakin lagi dengan kapasitas diri gue ketika mencintai. Kalo gue bisa mencintai orang lain sedalam itu, maka gue tau, gue juga berhak dicintai orang lain sedalam itu dan gue tau orang itu akan selalu mengusahakan gue sesederhana karena takut kehilangan gue.

OHANA

Haiiiii! This time, I'm too excited to tell you about my OHANA a.k.a Family. Seperti yang kalian udah baca di postingan pertama gue, Sisterhood Last Forever, kalian tahu kalo gue itu anak bontot, anak yang paling kecil, anak bungsu. Di post itu gue udah menceritakan tentang Mba Tita dan Mba Andes. Tapi... rasanya ngga lengkap kalo hanya mereka yang diceritakan. Left - Right: Mba Andes, Mama, Me, Mba Tita di suatu acara pada tahun 2011 Mama gue itu rambutnya selalu aja pendek. Dulu waktu gue masih 5th rambutnya masih panjang sihh, tapi sejak itu juga rambutnya jadi pendek :p Sedangkan Mba Tita dan Mba Andes itu dulunya ngga hijabers. Rambut mereka sebelum pake jilbab itu.... Badai. Angin topan. Wuss. Tsunami. Tapi sejak selesai kuliah dan udah beberapa bulan kerja, kira-kira pas gue kelas 2 SD mereka baru pake jilbab. Gue akan seperti mereka kalo udah sukses. Hehe Left - Right: Me, Mba Andes, Eyangti, Mba Tita, Mama di Lebaran tahun 2012 Di foto yang diata...
Kita memang nggak bisa menyelamatkan orang lain kalau orang itu nggak mau diselamatkan, kan? Sebesar apapun rasa cinta gue ke dia, gue nggak akan bisa memberikan itu semua dan dia nggak akan bisa menerimanya. Karena dia tidak mencintai dirinya sendiri terlebih dahulu. Gue bisa memeluk lukanya, apabila dia sudah berani memeluk lukanya sendiri. Gue bisa memberikannya cinta terbesar yang pernah dia rasakan, apabila dia sudah mampu mencintai dirinya sendiri.
Just when I about to send the message, a sudden realization come to me. Thus, I shall keep my pride. However, My heart can't lie. My brain can't lie. So, with the little prayer, I shall say... A year has passed. May you always find good things in life. Have a blast.