Skip to main content

5Cm

"Lima sahabat telah menjalin persahabatan selama tujuh tahun. Kegemaran mereka adalah mengeksekusi hal-hal yang tidak mungkin dan mencoba segala hal, mulai dari kafe paling terkenal di Jakarta, sampai nonton layar tancap. Semuanya penggemar film, dari film Hollywood sampai film yang nggak kelas-kecuali film India karena mereka punya prinsip bahwa semua persoalan di dunia atau masalah pasti ada jalan keluarnya, tapi bukan dalam bentuk joget.

Suatu saat, karena terdorong oleh rasa bosan di antara satu dan yang lain, mereka memutuskan untuk tidak saling berkomunikasi dan bertemu satu sama lain selama tiga bulan. Selama tiga bulan berpisah itulah telah terjadi banyak hal yang membuat hati mereka lebih kaya dari sebelumnya.

Pertemuan setelah tiga bulan yang penuh dengan rasa kangen akhirnya terjadi dan dirayakan dengan sebuah perjalanan. Sebuah perjalanan yang penuh dengan keyakinan, mimpi, cita-cita, dan cinta. Sebuah perjalanan yang telah mengubah mereka menjadi manusia sesungguhnya, bukan cuma seonggok daging yang bisa berbicara, berjalan, dan punya nama."

Cover bukunya
Kata-kata diatas adalah sebuah sinopsis dari novel yang berjudul 5Cm karya Donny Dhirgantoro. Novel yang dramatis, ekspresif, inspiratif, emosional, dan bener-bener ngajak gue berkeliling Indonesia secara tidak langsung.

Donny Dhirgantoro dulunya itu anak SMU 6 angkatan 1997 lohh...

Di buku ini penuuuuh banget dengan puisi-puisi, lirik-lirik lagu, pokoknya semua gaya bahasa ada disini, dituliskan dan disusun rapih sampe ceritanya seru untuk dibaca.

Buku ini intinya adalah...
Kita harus bermimpi. Semuanya berawal dari sini.

...
For one so small, you seem so strong
My arms will hold you, keep you safe and warm
This bond between us can't be broken. I will be here, don't you cry

'Cause you'll be in my heart. Yes, you'll be in my heart
From this day on.. now and forever more
You'll be in my heart
No matter what they say... You'll be here in my heart, always
...

Lagunya Phil Collins ini terketik rapih di bagian lima sekawan itu kumpul di Secret Garden, alias rumahnya Arial.

Tapi...
Lagu yang sering ada disini mungkin adalah Fly Me To The Moon-nya Frank Sinatra. Hampir di setiap momen ada lirik lagu ini, atau mereka lagi nyanyi bareng-bareng.

Bagian-bagian Dinda dialusin Zafran itu yang paling buat ngakak. Kalo gue jadi Zafran, mungkin gue akan garuk aspal terus bershower ria malem-malem.

I won't give a spoiler, KALIAN HARUS BACA SENDIRI.

...

Lalu akhirnya.... Di tahun 2012, 5Cm pun mulai dibuat filmnya. Untuk membuat film ini, aktor-aktris disini harus dilatih sebulan penuh supaya badan mereka fit. Kalo ngga salah, mereka mulai shooting bulan Juli atau Agustus gituu.. Dan premiernya 12.12.12

Setelah kepo tingkat tinggi karena kayanya iklan 5Cm dimana-mana booming banget, akhirnya 12.12.12 kemaren, impian gue selama berbulan-bulan untuk nonton tayangan perdananya terkabul.


To be continued...




Comments

Popular posts from this blog

(Different) Twins

Dear Nadia, I never thought that I can befriend with you. It's nice having a good friend, a dear good friend, that's an introvert version of my self. You're the INTP and I'm the ENTP, so I'm feeling like you know me better than anyone else. As I said earlier to you, maybe we're like twins. It's just the one tiny different that makes us different, and I'm glad with it. Honestly, before I met or knew you, I thought you're an arrogant and selfish woman because you look soooooo quite and you're classy (SERIOUSLY), LOL. Even before our introduction, I always love your sense of fashion... Your sense of fashion is a little bit similar to me. And once again, I think we're twins from different womb, lol. But then things changed and we met. It was a little bit awkward at first but I still remember how we think about the same thing at the same time, and before I knew you're an INTP, I had this feeling that you're like me, something about you r...
((relapse)) Kalo diinget, gue nggak pernah nangisin ini cowo, atau biarin emosi gue luber. Mungkin itu alasannya gue susah move on, ya? Gue kebanyakan menekan emosi gue selama ini, memilih diam, menghilang. Tapi tanggal 27 Agustus 2026 kemarin, tau-tau gue menangis. Bukan yang histeris hingga sesak napas, tapi air matanya keluar begitu aja tanpa henti. Mungkin akan ada kambuh berikutnya. Tapi gue jadi semakin yakin lagi dengan kapasitas diri gue ketika mencintai. Kalo gue bisa mencintai orang lain sedalam itu, maka gue tau, gue juga berhak dicintai orang lain sedalam itu dan gue tau orang itu akan selalu mengusahakan gue sesederhana karena takut kehilangan gue.

OHANA

Haiiiii! This time, I'm too excited to tell you about my OHANA a.k.a Family. Seperti yang kalian udah baca di postingan pertama gue, Sisterhood Last Forever, kalian tahu kalo gue itu anak bontot, anak yang paling kecil, anak bungsu. Di post itu gue udah menceritakan tentang Mba Tita dan Mba Andes. Tapi... rasanya ngga lengkap kalo hanya mereka yang diceritakan. Left - Right: Mba Andes, Mama, Me, Mba Tita di suatu acara pada tahun 2011 Mama gue itu rambutnya selalu aja pendek. Dulu waktu gue masih 5th rambutnya masih panjang sihh, tapi sejak itu juga rambutnya jadi pendek :p Sedangkan Mba Tita dan Mba Andes itu dulunya ngga hijabers. Rambut mereka sebelum pake jilbab itu.... Badai. Angin topan. Wuss. Tsunami. Tapi sejak selesai kuliah dan udah beberapa bulan kerja, kira-kira pas gue kelas 2 SD mereka baru pake jilbab. Gue akan seperti mereka kalo udah sukses. Hehe Left - Right: Me, Mba Andes, Eyangti, Mba Tita, Mama di Lebaran tahun 2012 Di foto yang diata...
Kita memang nggak bisa menyelamatkan orang lain kalau orang itu nggak mau diselamatkan, kan? Sebesar apapun rasa cinta gue ke dia, gue nggak akan bisa memberikan itu semua dan dia nggak akan bisa menerimanya. Karena dia tidak mencintai dirinya sendiri terlebih dahulu. Gue bisa memeluk lukanya, apabila dia sudah berani memeluk lukanya sendiri. Gue bisa memberikannya cinta terbesar yang pernah dia rasakan, apabila dia sudah mampu mencintai dirinya sendiri.
Just when I about to send the message, a sudden realization come to me. Thus, I shall keep my pride. However, My heart can't lie. My brain can't lie. So, with the little prayer, I shall say... A year has passed. May you always find good things in life. Have a blast.