Skip to main content

Musim Hujan

Jakarta dan Tamgerang Selatan penuh hujan beberapa waktu terakhir ini, namanya juga menjelang akhir tahun.

Banjir, macet, debu, terjebak di jalan selama 3 jam bukanlah hal baru bagi masyarakatnya.

Di saat aku menulis ini pun hujan deras sedang mengguyur rumahku, dan mungkin juga seluruh area Jakarta.


Namun,

Dibalik itu semua... setiap tahunnya secara konsisten ada aku yang bertanya-tanya:

"Aren't you afraid of the weather?"

"Did you get home safely?"

"Did you use TJ / motorbike / LRT / walk through the traffic and flood?"

"Aren't you afraid of your health?"

"Is it blur?"

"Could you walk properly and confidently, without any anxiety that you may hit, stumble, or fall?"

"How's your body handle it?"

"Did you wear jacket?"

"Did you feel cold?"

"Did your bring umbrella?"

"Did you get fever after that?"

Aku memikirkanmu dan mempertanyakan bagaimana kamu menghadapi hujan dan kacaunya Jakarta, seperti saat ini hati dan pikiranku terlintas pada dirimu. Kamu pasti moody banget menghadapi kondisi Jakarta yang seperti ini, rasanya seluruh energimu terkuras habis, suaramu serak karena radang dan sedikit pilek, dan rasanya ingin cepat-cepat menuju akhir pekan. Aneh, ya? Padahal, kamu belum tentu memikirkanku seperti ini. Tapi, kamu adalah seorang pria dewasa dan aku yakin dengan segala kondisimu, kamu mampu menghadapi ini. Pastinya terasa letih seperti aku yang juga sangat letih ketika akhirnya sampai di rumah sehabis menerjang hujan dan banjir.

Doaku menyertaimu, keselamatanmu, kesehatanmu, dan kebahagiaanmu. Aku bukan ibumu yang doanya pasti akan dikabulkan, tapi semoga doaku dikabulkan.

Sampai jumpa, di suatu waktu yang tidak tentu.

I love you.

I still love you.

I still always love you.

PS: Betapa bahayanya otakku, membayangkanmu berdiri di hadapanku dengan wajah letihmu dan tasmu yang terkena cipratan air hujan; lalu aku memberikanmu secangkir minuman hangat dan menyambutmu dengan senyumanku. Di bayanganku, kamu adalah rumahku, dinginnya Jakarta saat hujan akan terasa hangat begitu aku menatapmu, letihnya aku akan kembali pulih saat aku bersamamu.

Comments

Popular posts from this blog

(Different) Twins

Dear Nadia, I never thought that I can befriend with you. It's nice having a good friend, a dear good friend, that's an introvert version of my self. You're the INTP and I'm the ENTP, so I'm feeling like you know me better than anyone else. As I said earlier to you, maybe we're like twins. It's just the one tiny different that makes us different, and I'm glad with it. Honestly, before I met or knew you, I thought you're an arrogant and selfish woman because you look soooooo quite and you're classy (SERIOUSLY), LOL. Even before our introduction, I always love your sense of fashion... Your sense of fashion is a little bit similar to me. And once again, I think we're twins from different womb, lol. But then things changed and we met. It was a little bit awkward at first but I still remember how we think about the same thing at the same time, and before I knew you're an INTP, I had this feeling that you're like me, something about you r...
((relapse)) Kalo diinget, gue nggak pernah nangisin ini cowo, atau biarin emosi gue luber. Mungkin itu alasannya gue susah move on, ya? Gue kebanyakan menekan emosi gue selama ini, memilih diam, menghilang. Tapi tanggal 27 Agustus 2026 kemarin, tau-tau gue menangis. Bukan yang histeris hingga sesak napas, tapi air matanya keluar begitu aja tanpa henti. Mungkin akan ada kambuh berikutnya. Tapi gue jadi semakin yakin lagi dengan kapasitas diri gue ketika mencintai. Kalo gue bisa mencintai orang lain sedalam itu, maka gue tau, gue juga berhak dicintai orang lain sedalam itu dan gue tau orang itu akan selalu mengusahakan gue sesederhana karena takut kehilangan gue.

OHANA

Haiiiii! This time, I'm too excited to tell you about my OHANA a.k.a Family. Seperti yang kalian udah baca di postingan pertama gue, Sisterhood Last Forever, kalian tahu kalo gue itu anak bontot, anak yang paling kecil, anak bungsu. Di post itu gue udah menceritakan tentang Mba Tita dan Mba Andes. Tapi... rasanya ngga lengkap kalo hanya mereka yang diceritakan. Left - Right: Mba Andes, Mama, Me, Mba Tita di suatu acara pada tahun 2011 Mama gue itu rambutnya selalu aja pendek. Dulu waktu gue masih 5th rambutnya masih panjang sihh, tapi sejak itu juga rambutnya jadi pendek :p Sedangkan Mba Tita dan Mba Andes itu dulunya ngga hijabers. Rambut mereka sebelum pake jilbab itu.... Badai. Angin topan. Wuss. Tsunami. Tapi sejak selesai kuliah dan udah beberapa bulan kerja, kira-kira pas gue kelas 2 SD mereka baru pake jilbab. Gue akan seperti mereka kalo udah sukses. Hehe Left - Right: Me, Mba Andes, Eyangti, Mba Tita, Mama di Lebaran tahun 2012 Di foto yang diata...
Kita memang nggak bisa menyelamatkan orang lain kalau orang itu nggak mau diselamatkan, kan? Sebesar apapun rasa cinta gue ke dia, gue nggak akan bisa memberikan itu semua dan dia nggak akan bisa menerimanya. Karena dia tidak mencintai dirinya sendiri terlebih dahulu. Gue bisa memeluk lukanya, apabila dia sudah berani memeluk lukanya sendiri. Gue bisa memberikannya cinta terbesar yang pernah dia rasakan, apabila dia sudah mampu mencintai dirinya sendiri.
Just when I about to send the message, a sudden realization come to me. Thus, I shall keep my pride. However, My heart can't lie. My brain can't lie. So, with the little prayer, I shall say... A year has passed. May you always find good things in life. Have a blast.