Skip to main content

Sistem Enterprise

Nama : Nita Indra Saphira
NIM    : 15101035
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

Enterprise adalah sebuah sistem dari manusia, data, kebijakan, informasi dan prosedur yang muncul untuk menyediakan sebuah produk atau pelayanan dengan tujuan mendapatkan keuntungan dan mengefektifkan proses bisnis suatu perusahaan.


Pokok pembahasan:
ERP
CRM
BSC
SCM

Enterprise Resource Planning atau yang lebih dikenal dengan sebutan (ERP) merupakan singkatan dari tiga elemen kata Enterprise (Perusahaan/Organisasi), Resource (Sumber Daya), Planning (Perencanaan). Tiga kata tersebut mencerminkan sebuah konsep yang berujung pada kata kerja yaitu Planning. Dengan demikian, berarti ERP menekankan kepada aspek perencanaan. ERP dapat dikatakan sebagai back bone dalam mendukung sistem operasional yang dapat memengaruhi kemampuan kompetitif perusahaan. Integrasi konsep sistem ERP berhubungan dengan interpretasi sebagai berikut :
Menghubungkan antara berbagai aliran proses bisnis
Metode dan teknik berkomunikasi
Keselarasan dan sinkronisasi operasi bisnis
Koordinasi operasi bisnis

Jadi Enterprise Resource Planning (ERP) merupakan konsep untuk merencanakan dan mengelola sumber daya perusahaan, yaitu berupa paket aplikasi program terintegrasi dan multi modul yang dirancang untuk melayani dan mendukung berbagai fungsi dalam perusahaan, sehingga pekerjaan menjadi lebih efisien dan dapat memberikan pelayanan lebih bagi konsumen, yang akhirnya dapat menghasilkan nilai tambah dan memberikan keuntungan maksimal bagi semua pihak yang berkepentingan (stake holder) atas perusahaan.

Sistem ERP merupakan suatu aplikasi bisnis yang terpadu dengan keterkaitan yang lintas fungsi bisnis. Terdiri dari modul-modul seperti :
Modul General Ledger Accounting
Modul Account Payable
Modul Account Receivable
Modul Material Requirement Planning
Modul Order Management
Modul Inventory Control
Modul Human Resources Management

Peranan sistem ERP bagi suatu Organisasi akan terciptanya cara kerja yang lebih efektif dan efisien, yaitu dengan mengoptimalkan penggunaan tenaga kerja. Hal ini ditandai dengan peranan fungsi tingkatan manajerial tidak lagi disibukan untuk pencarian data dan informasi untuk penyusunan laporan-laporan, tetapi peranan tingkatan manajerial lebih memanfaatkan berbagai informasi yang telah tersedia dalam system ERP, sehingga fungsi tingkatan manajerial lebih dioptimalkan dengan memberikan ide-ide dan inovasi untuk pengambilan keputusan strategis bagi Perusahaan untuk jangka pendek bahkan jangka panjang.

Contoh ERP :
1. SAP
SAP merupakan sebuah produk ERP, vendor ERP SAP AG (Systeme Adwendugen Produkte inder Datenverarbeitung) dapat diartikan sebagai system application product in Data Processing. SAP memiliki modul-modul aplikasi program yang saling terintegrasi. Produk utamanya meliputi SAP ERP Enterprise Core, yang merupakan solusi ERP.

SAP business suite merupakan paket solusi aplikasi e-bisnis dan berbagai aplikasi lainnya, seperti SAP CRM (Customer Relationship Management), SAP SCM (Supply Chain Management), SAP SRM (Supplier Relationship Management) dan SAP PLM (Product LifeCycle Management). Pengguna SAP adalah rata-rata perusahaan skala menengah besar.

Beberapa keunggulan dari Produk SAP adalah sebagai berikut:
Merupakan suatu nilai tambah yang memiliki nilai yang tinggi, dimana perusahaan dapat menggabungkan dan mengembangkan semua modul-modul aplikasi yang dibutuhkan Perusahaan.
SAP menghubungkan semua lini produksi dan seluruh departemen Perusahaan. SAP R/3 merupakan software yang dinamis, dimana semua menu dan tampilan program dapat dicustomize (dimodifikasi) dengan menggunakan bahasa pemrograman ABAP yang sesuai dengan kebutuhan Perusahaan.
SAP memiliki modul-modul yang saling terintegrasi dan bisa dibuat dan dipecah-pecah sesuai kebutuhan bagian terkait dalam perusahaan
Salah satu keunggulan SAP R/3 lainnya adalah pembuatan user interface dengan menggunakan bahasa pemrograman yang lainnya seperi java, php, visual basic, asp, vb.net, lotus script, Delphi.
SAP merupakan penguasa pasar produk ERP saat ini
SAP mendukung transaksi e-commerce melalui internet, dengan pemanfaatan dukungan e-commerce melalui modul Supply Chain Management (SCM) yang terintegrasi dengan para pelanggan SAP lainnya melalui internet, sehingga dapat menghemant biaya, waktu dan sumber daya lainnya

Disamping keunggulan-keunggulan tersebut, produk SAP memiliki kelemahan sebagai berikut :
Biaya investasi dan maintenance yang relatif mahal
Dalam melakukan implementasi, perlu adanya kelengkapan data entry dan batas waktunya yang menuntut kedisplinan tinggi para pengguna (user)
Perangkat lunak yang cenderung memiliki tinggkat kompleksitas dalam pelaksanaan implementasi
Biaya perangkat lunak yang relative mahal, terutama ketika mengakui jasa profesional yang tinggi
Pelaksanaan implementasi aplikasi yang memiliki risiko tinggi
Tingginya biaya perawatan perangkat lunak dan biaya upgrade software

SAP terdiri dari modul-modul aplikasi sebagai berikut :
SD-Sales & Distribution: membantu meningkatkan efisiensi kegiatan operasional berkaitan dengan proses pengelolaan customer order (proses sales, shipping dan billing)
MM-Materials Management: membantu menjalankan proses pembelian (procurement) dan pengelolaan inventory
PP-Production Planning: membantu proses perencanaan dan kontrol daripada kegiatan produksi (manufacturing) suatu perusahaan.
QM-Quality Management: membantu men-cek kualitas proses-proses di keseluruhan rantai logistik
PM-Plant Maintenance: suatu solusi untuk proses administrasi dan perbaikan sistem secara teknis
HR-Human Resources Management: mengintegrasikan proses-proses HR mulai dari aplikasi pendaftaran, administrasi pegawai, management waktu, pembiayaan untuk perjalanan, sampai ke proses pembayaran gaji pegawai
FI-Financial Accounting: Mencakup standard accounting cash management (treasury), general ledger dan konsolidasi untuk tujuan financial reporting.
CO-Controlling: Mencakup cost accounting, mulai dari cost center accounting, cost element accounting, dan analisa profitabilitas
AM-Asset Management: Membantu pengelolaan atas keseluruhan fixed assets, meliputi proses asset accounting tradisional dan technical assets management, sampai ke investment controlling
PS-Project System: Mengintegrasikan keseluruhan proses perencanaan project, pengerjaan dan kontrol

2. Oracle ERP
Merupakan produk ERP dari perusahaan Oracle corporation, salah satu perusahaan software besar yang mengembangkan, memasarkan dan mendistribusikan, serta melayani software dengan database dan infrastruktur software yang dipasarkan melalui application server, software kolaborasi dan pengembangan.

Oracle mendukung berbagai jenis produk dan mengembangkan produk dan layanannya, dengan memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut :
Menawarkan berbagai produk dalam bentuk suite package ERP dengan dukungan layanan konsultasi
Berfokus pada solusi e-bisnis, sehingga mempermudah dalam pengelolaannyaClient/Server Environment dapat berjalan pada jaringan komputer.
Oracle memisahkan proses database server dan aplikasi Client, Server yang terinstall. Oracle dapat menanggani proses database, Client/Workstation yang menjalankan aplikasi hanya berkonsentrasi menampilkan data, sehingga mengurangi kemacetan pada system jaringan.
Oracle mendukung cara kerja dengan ukuran database yang relatif besar dan pengaturan space oracle mendukung ukuran database yang relatif besar hingga jumlahnya dalam bentuk terabyte.
Multiuser, terkoneksi pada waktu dan mengakses data yang sama, dan mampu menghindari konflik data secara baik.
Connetibility, Dapat mengunakan berbagai sistem operasi dalam jaringan untuk mengakses data.
Hight Transaction Processing Performance. Oracle dapat mengatur system agar pemrosesan data dapat berjalan dengan cepat walaupun jumlah tansaksi sangat banyak pada suatu waktu bersamaan.
Availability. Oracle dapat menjalankan database secara terus menerus.
Manajemen keamanan yang baik. Oracle menghindari akses database dari pihak yang tidak diinginkan.
Database enforced Integrity. Oracle mempunyai control untuk mengendalikan data yang dapat diterima database

Disamping memiliki keunggulan, Oracle memiliki beberapa kelemahan, yaitu sebagai berikut:
Struktur aplikasi yang hanya untuk perusahaan berbasis web dengan hanya memiliki satu jenis yaitu ERP, pangsa pasar untuk skala besar, karena harga lisensi mahal, compatible dengan windows, Mac, Linux.
Merupakan DBMS paling rumit.
Hubungan bisnis yang relative kompleks dengan sistem integrator

Daftar Pustaka:
https://www.linkedin.com/start/join?_l=en&session_redirect=https%3A%2F%2Fwww.linkedin.com%2Fuas%2Foauth2%2Fauthorization%3Fbypass_dialog%3Dtrue%26client_id%3Dy4wa9oe4c6nu%26redirect_uri%3Dhttps%253A%252F%252Fwww.slideshare.net%252Fw%252Fsignup%252Fredirect%253Ffrom_source%253Dhttps%25253A%25252F%25252Fwww.slideshare.net%25252FIndaRaSya%25252Fpertemuan-1-pengenalan-sistem-enterprise%2526tracking_id%253Dd6cdadb95094166b%26response_type%3Dcode%26scope%3D%26state%3Dd770fb13afb1fb5a5a989d48f24208&source=slideshare-signup&trk=slideshare-signup

http://www.sistem-informasi.xyz/2016/11/pengertian-enterprise-resource-planning-erp.html

http://www.sistem-informasi.xyz/2016/11/kelebihan-sap-erp.html

http://www.sistem-informasi.xyz/2016/12/kelebihan-oracle-erp.html

Comments

Popular posts from this blog

Pancasila, Nasionalisme, dan Eyangkung

Mungkin Eyangkung (Eyang Kakung, Kakek dalam bahasa Jawa) benci disebut-sebut sebagai pahlawan. Tapi, memang kenyataannya begitu. Tidak akan ada Indonesia tanpa Eyangkung dan para pahlawan yang lain. Eyangkung saya bernama Eyang Toegijo Kartosandjojo, beliau lahir di Solo pada 17 Agustus 1919. Eyangkung bersekolah di Neutrale H. I. S Solo dan beliau berprestasi di sekolahnya. Karena prestasi itulah beliau dibebaskan dari les persiapab masuk M. U. L. O. dan pada akhirnya beliau berhasil masuk tanpa melalui tes ujian masuk. Sebagai cucu kesekian, saya sangat bangga mempunyai sosok Eyangkung. Karena beliau, saya selalu bersumpah akan membawa nama baik keluarga. Saya nggak mau menjelekkan nama baik keluarga besar, saya nggak mau dibilang, "cucu pahlawan kok seperti itu?" (Walaupun saya ini memang tergolong bandel sih, cuma bandelnya masih sebatas wajar). Walaupun beliau wafat setahun sebelum saya lahir, banyak cerita yang sudah saya dengar maupun foto-foto beliau yang saya l

The Art of Getting By

Hola! Ini mungkin adalah salah satu film favorit gue. Why? Karena pemerannya Emma Roberts sama Freddie Highmore. They're the best entertainers of all time. I watch this move like over a year ago, but still. I can remember it clearly. George ( Freddie Highmore ) is a fatalistic high school senior who is a gifted artist. George is often haunted by the realization that he will die someday. He ceases to complete his homework, as he feels that everything seems meaningless. As a result, he is put on academic probation. The next day, George goes up to the school roof and sees Sally ( Emma Roberts ) smoking. When a teacher comes up, George quickly pulls out a cigarette and takes the blame. Sally meets up with George to thank him, and though George is at first reluctant to talk to her, he soon warms up to her. On Career Day, George meets a young artist, Dustin and is inspired by his thoughts about life. He brings Sally with him to visit Dustin and it becomes appare

Butterfly, FLY AWAY

What do you see? Is it a butterfly? *** Mungkin menurut orang, binatang ini adalah yang paling cute, unyu, dan lovable banget. Tapi menurut gue..... Kupu-kupu sucks. Gue juga ngga ngerti kenapa gue itu jadi takut-jijik-illfeel gitu sama kupu-kupu. Sepertinya itu menular dari kakak gue juga....... Dulu gue sempet takut sama kupu-kupu. Terus tiba-tiba engga takut lagi gara-gara disuruh coba pegang sayapnya sama Mba Tita. Saat itu gue merasa kaya, "Ih wow, sayapnya alus bangeeettt. Jiplak lagi di tangan." Tapi..... ngga tau kenapa rasa untuk menghindari kupu-kupu kembali meruak ke permukaan. Perasaan itu pun masih terbenam di dalam hati gue. Kalo ada yang nanya

The Vortex

A year ago Or Tonight Or Tomorrow. You are still the art... To me. Knowing, Meeting, Caring, Loving, Sensing, are like a gift from God for me to feel. It ain't about what you did in return. It ain't about how long that I am here. It ain't about what you think and what I think, or what someone thinks. It is purely because you already absorb every energy that I have. You are the vortex of the most beautiful art. You regain energy from every eyes that adore you. You slowly stole it. And now it is just me in here... as dead as the corpse. Wanting to feel again, but too afraid to be absorbed... again. Lol, this is just me... babling about you.

Self Reflection

I haven't wrote anything. But will try to write... again. 4 tahun yang lalu, gue menuliskan tentang masa-masa menjadi maba  (mahasiswa baru) yang baru saja selesai melaksanakan PKKMB. Hari ini, beberapa teman angkatan 2015 sudah melaksanakan wisuda. Gue belum, semoga tahun depan mendapatkan giliran. Aamiin... Btw , entah mengapa pukul segini memang enak untuk menjadi sendu. Bukan sendu dalam konotasi negatif, tetapi cenderung ke arah positif. Tiba-tiba, jadi mengenang apa saja yang terjadi selama 4 tahun belakangan ini. Masa-masa di mana gue melepas seragam putih-abu, dan menggantinya dengan pakaian bebas. Malam ini menjadi sebuah renungan terhadap diri sendiri, atas apa yang telah dicapai, kesalahan, kebahagiaan, pertemanan, dan lain sebagainya. Katanya, kuliah adalah masa terakhir sebelum menghadapi dunia nyata. Katanya, semakin kita dewasa, kita cenderung menjadi realistis... mematikan cita-cita di dalam diri. Mematikan jiwa anak-anak yang ada di dalam hati.